Header Ads

test

Kalbar Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional dan Internasional

Tugu Khatulistiwa | Icon KALBAR
Jam’iyyatul Qurra wal Huffaz Nahdlatul Ulama (JQH NU) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 tingkat nasional di Pontianak, Kalimanatan Barat.

selain itu juga Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional I dan MTQ tingkat Nasional ke-VII. diikuti peserta dari 10 Negara ASEAN.

“Pelaksanaanya akan berlangsung 3 – 8 Juli 2012 nanti,” terang Zahid Luqman, anggota Pengurus Pusat JQH-NU.

Masing-masing dari negara tersebut mengirim dua orang perwakilan. Selain diikuti peserta dari luar negeri, acara MTQ juga mengikutsertakan 1.254 peserta MTQ tingkat nasional dari 33 provinsi se-Indonesia.

“Nantinya akan diikuti dari Negara Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar,” kata Ketua Panitia MTQ Internasional yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, M Zeet Asshovie di Pontianak, Selasa, 21 Februari 2012.

“Cabang-cabang yang akan dilombakan, adalah tilawah terdiri dari tiga kategori, anak-anak remaja dan dewasa; tahfizd terdiri tiga kategori, 30 juz, 15 juz, dan 5 juz,” tambahnya.
Selain itu, lanjut Zahid, ada lomba tafsir Al-Quran dalam bahasa Indonesia dan Arab; kaligrafi, dan qiroatul kitab. Peserta MTQ ini adalah santri dari pesantren-pesantren seluruh Indonesia.

Mengusung tema meneguhkan karakter bangsa dengan nilai moderasi, toleransi, kesadaran dan keadilan, diharapkan kegiatan ini dapat disambut baik oleh masyarakat secara luas. Baik di Kalbar, nasional maupun di internasional.
Asrama Haji Pontianak, Jalan Sutoyo

“Kita berharap kegiatan ini dapat dibantu oleh pemerintah. Dan kebetulan Pak Gubernur janji. Sementara pusat siap membantu, para pengusaha pun juga akan membantu. Dan tidak ketinggalan dari warga nadhiyin sendiri," ucapnya.
Mengenai lokasi, ujar Zeet, pemerintah provinsi telah menyiapkan tempat. Di antaranya Asrama Haji Pontianak maupun GOR Pontianak.

“Mulai hari ini, setelah pengukuhan, panitia MTQ tingkat nasional ke-VII maupun Internasional I sudah mulai bekerja,” katanya. (sj)

GOR Pangsuma, Jl. A.Yani, Pontianak
“Insyaallah MTQ ini akan dibuka oleh Presiden, karena selain MTQ, juga sekaligus Musyawarah Nasional (Munas) keempat JQH NU,” pungkas Zahid yang juga ketua delegasi JQH pada MTQ internasional di Iran beberapa waktu lalu. 
Diberdayakan oleh Blogger.