Begini Jawaban Admin kemnaker.go.id Alasan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Tidak Cair
Beberapa hal yang menyebabkan pekerja belum menerima bantuan :
- Nama, NIK dan No.Rekening yang diusulkan perusahaan berdasarkan KPJ tidak sesuai dengan Nama, NIK dan No,Rekening yang ada Pada buku Bank (Berbeda tanda baca: Diusulkan “Masud” nama Rekening “Mas’ud” ,Berbeda Nomor Rekening/No. Rekening milik orang lain)
- Nama dan No,Rekening yang diusulkan Perusahaan kepada BPJS Ketenagakerjaan, berbeda dengan pengajuan BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker.
- Data yang dikirimkan BPJS Ketenagakerjaan : Tidak lengkap (No. Rekening Kosong) atau Tidak sesuai dengan syarat : Upah diatas 5 Juta
- Rekening Penerima bantuan sudah tidak aktif/blokir/ditutup/hutang piutang dgn Bank dll
- Dalam proses Pencairan
Apabila terdapat hal salah satu tersebut diatas, maka ada mekanisme pencairan kembaliuntuk data yang tidak valid adalah sebagai berikut:
- Data yang dikirimkan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan telah diterima Kemnaker pada setiap Batch, akan dikembalikan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi sesuai persyaratan sebelum dilakukan pencairan.
- Data yang sudah terkirim ke Bank Himbara untuk pencairan tetapi Retur (dikembalikan) terkait permasalahan diatas, akan dikembalikan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk di verifikasi dan validasi kembali.
Tentunya proses ini membutuhkan waktu, dan diharapkan apabila Perusahaan diminta oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk mengupdate data dapat segera mengembalikan secepatnya. Pekerja dapat menghubungi langsung pihak perusahaan untuk melakukan update data.
Tidak ada komentar: