Header Ads

test

Buku Tentang Kurikulum 2013

1] Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013

kebijakan perubahan kurikulum meurpakan #politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelakasanaannya sering kali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. di sekolah : #guru, #Kepala_sekolah, Pengawas dan peserta didik sangat berkepntingan dan akan terkena dampaknya secara langsung setiap perubahan kurikulum, termasuk kurikulum 2013.

oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang mendalam dari berbagai pihak yang berkepentingan dengan kurikulum 2013, sehingga dalam implementasinya tidak terjadi kesalahpahaman, dan kesalahan dalam menafsirkan ide-ide baru dikembangkan. pemahaman tersebut dapat dimiliki dan digalai dalam buku ini.





2] Penilaian Autentik: (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis

Profesionalisme guru dari waktu ke waktu semakin dituntut seiring dengan kebutuhan pendidikan yang bermutu. Dalam konteks itu salah satu variabel utama dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah guru. Hal ini dikarenakan gurulah yang ada di garda terdepan yang langsung berinteraksi dengan peserta didik di kelas. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menguasai dan terampil pada hal-hal yang berkaitan dengan tupoksi guru. Salah satu tupoksi guru yang sangat penting adalah keterampilan melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan penilaian guru bisa melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kualitas pembelajaran yang telah dilakukan dan sekaligus mendapatkan informasi tentang tingkat pencapaian kompetensi peserta didik yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Berangkat dari hal di atas mendorong penulis untuk menghadirkan buku yang khusus membahas tentang penilaian secara komprehensif dengan pendekatan praktis. Artinya pembahasan dilakukan sepraktis mungkin sesuai dengan kebutuhan guru di lapangan dengan disertai contoh - contoh instrumen penilaian yang aplikatif. Dengan demikian, memudahkan pembaca untuk memahami dan mencerna sekaligus menerapkan penilaian autentik dalam menjalankan tugas keprofesionalan sebagai guru sebagaimana ditekankan dalam kurikulum 2013. Tanpa bermaksud "menggurui" kehadiran buku ini menjadi salah satu bahan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, calon guru, dan masyarakat yang mencintai dunia pendidikan dalam mendalami dan meningkatkan keterampilan melakukan penilaian hasil belajar peserta didik secara profesional.

Buku ini memadukan pendekatan teoretis dan praktis dengan contoh - contoh instrumen penilaian yang bisa dijadikan model oleh guru di lapangan. Dengan pengalaman penulis sebagai guru dan kini menjadi widyaiswara serta dosen menjadikan isi buku ini lebih komprehensif memadukan antara teoretis dan praktis. Penulis sebagai alumni Doktor Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan dosen memperkuat teori-teori penilaian dalam buku ini. Sedangkan pengalaman sebagai guru dan kini sebagai widyaiswara di LPMP DKI Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang selalu berinteraksi dengan guru, kepala sekolah dan pengawas dalam kegiatan pelatihan memperkuat hal-hal praktis dalam buku ini. 


5] Panduan Kurikulum 2013 - Sebuah Inovasi Struktru Kurikulum Penunjang Masa Depan
INFO PEMESANAN KLIK ZAAD AGENCY 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.