Header Ads

test

Cara Membuat Halaman Microsoft Word Berbeda

Jika kita searching di google terkait dengan tips perihal MS word ini banyak sekali. Akan tetapi dalam postingan ini adalah bagian dari menambah keyword google terkait dengan Ms word khususnya dalam membuat halaman (page).
Apalagi mahasiswa pasti mau tidak mau harus berurusan dengan aplikasi ini (red Ms Word) terutama dalam pembuatan tugas kuliah seperti pembuatan makalah ataupun tugas akhir (red skripsi)
Tulisan ini terinspirasi saat saya melihat dokumen (red Ms word) terkait dengan materi pembuatan silabus dan RPP pembelajaran. Sebenarnya sudah lama tahunya tapi kebetulan  saat cari bahan referensi terpikir juga mau berbagi informasi ini. sekalian buat nambah postingan blog juga. He…..
Menurut saya ada beberapa kriteria dalam membuat page (halaman) dokumen di Ms word yaitu membuat halaman selanjutnya berbeda dan membuat halaman berbeda di posisi tengah.
1.      Membuat Halaman Kertas Selanjutnya Berbeda
gambar: cara ubah page letter mejadi page A4
Membuat halaman (page) selanjutnya berbeda dalam MS word maksdunya adalah format halaman Ms word baik itu format A4, kuarto/letter, legal/folio, A5 dan lain-lain. Hal ini berguna untuk mengefisienkan tampilan dokumen terkait (misalnya pembuatan tabel) yang tanpa membuat dokumen baru (new document).
Perlu diketahui biasanya kertas normal dalam Ms word 2007 adalah letter / kuarto (posisi portrait). Jika ingin mengubah format kertas tersebut menjadi A4 > pilih tab page layout > size > pilih A4, selesai.

Berarti halaman kertas 1 adalah A4 (portrait). Tapi bagaimana jika ingin membuat halaman kertas 2 menjadi legal (landscape)
Caranya sebagai berikut:
Praktis dan tidak bertele-tele
>tekan ctrl+enter [cara cepat membuat halaman selanjutnya] (maka tampil page = page sebelumnya)
>Pilih tab page layout > page setup box (pilih panah kecil)
>paper ubah menjadi legal/folio
>apply to ubah menjadi >this point forward
>ok
SELESAI



2.      Membuat Halaman Kertas Berbeda di Posisi Tengah
Membuat halaman kertas berbeda pada posisi tengah adalah membuat/menyisipkan halaman kertas dengan tujuan tertentu (misalnya antara page A4 dan Legal mau disisip page letter).
Contoh berikut ini membuat page letter portrait
>tekan ctrl+enter (maka tampil page = page sebelumnya)
>enter beberapa kali >sorot bagian page itu
>Pilih tab page layout
>pilih page dialog box (panah kecil)
>pilih margin >orientation ubah menjadi portrait
>apply to ubah menjadi >selected text
>ok
SELESAI


*) tambahan: apabila ingin mengubah margin/orientation/size/paper pada page tertentu, arahkan saja kursor (garis vertical yang kelap kelip) pada halaman yang diinginkan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.