Header Ads

test

Cara Membangun Organisasi (Teamwork) yang Solid

Pertanyaan yang perlu wajib kamu jawab adalah kenapa kamu berorganisasi memerlukan teamwork? Apapun organisasi yang kamu geluti. Karena kamu tidak dapat berorganisasi sendiri. Selain dari orang lain akan memberikan nilai-nilai tersendiri dalam berorganisasi. Selain dari itu, kamu akan dapat memaksimalkan potensi dalam organisasi, sekaligus dapat meminimalkan kelemahan yang kamu miliki.

Sebuah team berbeda dengan kelompok. Dimana team, biasanya memiliki sebuah sasaran yang ingin dituju, dengan berupaya mencapainya secara bersama-sama. Sedangkan dalam kelompok bisa saja eksis atau tidak sesuai dengan kebutuhan dari objek. Oleh karena itu, dimensi team lebih kepada orientasi aksi dari sebuah pelayanan yang dapat diberikan kepada siapapun. 

Jika kamu dalam sebuah organisasi sudah memulai membangun sebuah teamwork yang bagus, tentunya yang perlu dihindari adalah sifat egositis dan meremehkan orang lain. Karena sepanjang kamu menjadi yang egosi, maka akan melemahkan semangat anggota lain dalam mencapai tujuan. Kamu mesti menjadi seorang yang problem solver (pencari solusi masalah) dan memiliki inisiasi tinggi. Dan jangan berlaku sebagai seorang yang bukan menjadi problem solver, atau tidak menjadi inisiasi. 

Berikut ini ada 9 langkah di dalam organisasi menjadi tim yang solid 
-          Jadilah yang terbaik
-          Disiplin
-          Mestimulasi komitmen dan mengurangi kepentingan pribadi
-          Mempertahankan kebiasaan baik
-          Membangun komunikasi yang efektif
-          Menjadi pemandu yang efektif
-          Membangun sikap team yang kuat
-          Trust, saling mempercayai
-          Motivator dan sabar (2010:130)


Re (soft skills untuk pendidik)
Diberdayakan oleh Blogger.