Header Ads

test

Mahasiswa antara akademik dan organisasi

Siapa mahasiswa?
Secara harfiyah, “ mahasiswa ” terdiri dari dua kata, yaitu ” Maha ” yang berarti tinggi dan ” Siswa ” yang berarti subyek pembelajar, jadi dari segi bahasa “ mahasiswa ” diartikan sebagai pelajar yang tinggi atau seseorang yang belajar di perguruan tinggi/ universitas.Mahasiswa lebih diindentik dengan istilah K3PO (Kampus, Kantin, Kostan, Perpustakaan, Organisasi).
Seorang mahasiwa yang berkepentingan di kampus ia akan senantiasa mengambil peluang untuk beraktivitas sesuai dengan potensi yang ia miliki. Tentunya setiap mahasiswa ingin studinya diperguruan tinggi (PT) berjalan dengan lancar, selesai pada waktunya dan lulus dengan prestasi dari segala aspek selain di akademik.
Berbagai macam problem akan dihadapi mahasiswa, terutama dalam aktivitas di kampus tidak terkecuali dalam proses belajar.
Penulis paparkan dengan model CPM (Cepat, Praktis, Murah):

1. Tipe Cepat,
Tipe mahasiswa ini terkadang lebih mengandalkan teman untuk mengerjakan tugasnya. Tidak hanya itu biasanya diskusi suka asbun (asal bunyi). Bagi mereka yang kuliahnya sekedar tuntutan tugas hanya dari dosen, bukan ingin menekuni itu sebagai proses latihan.
2. Tipe Praktis
Tipe mahasiswa yang maunya asalkan tugas selesai. Misalnya tugas yang diberikan hanya copy paste dengan temannya yang lain. Padahal kesibukannya tidak sebanding dengan mahasiswa lain yang aktif di organisasi.
3. Tipe Murah
Tipe murah artinya mahasiswa berupaya menghemat uang untuk keperluan kuliahnya. Apalagi mahasiswa yang berasal dari luar kota secara otomatis memiliki tips jitu untuk menyiasiatinya. Misalnya apabila mahasiswa yang lain membeli buku tapi ia fotocopy (kan harganya lebih murah).

akademik?
Kata akademik berasal dari bahasa Yunani yakni academos yang berarti sebuah taman umum (plasa) disebelah barat laut kota Athena. Nama Academos adalah nama seorang pahlawan yang terbunuh pada saat perang legendaris Troya. Pada plasa inilah filosof Socrates berpidato dan membuka arena perdebatan tentang berbagai hal. Tempat ini juga menjadi tempat Plato melakukan dialog dan mengajarkan pikiran-pikiran filosofisnya kepada orang-orang yang datang.

Organisasi?
Secara umum organisasi adalah suatu perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang yang untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi bukan sekadar kumpulan orang dalam kelompok atau jamaah tertentu. Tetapi organisasi mempunyai dua atribut inti yakni sekumpulan orang dan sistem. Sistem adalah kesatuan nilai integral yang dianut dan dipatuhi untuk dijalani bersama agar mencapai tujuan bersama (bukan sekadar tujuan yang sama).

so...mahasiswa antara akademik dan organisasi memiliki peranan penting, bagi mereka mahasiswa yang tidak ambil bagian sibuk dalam organisasi diharapkan ia mampu untuk cepat-cepat menyelesaikan kuliahnya dengan nilai yang memuaskan, inilah yang idealnya. begitu juga bagi mereka mahasiswa yang aktif dalam organisasi intern atau ekstern kampus seharusnya mampu mengoptimalkan waktu kuliah dan agenda organisasinya, pengembangan potensi diri dimaksimalkan.tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang super sibuk dengan organisasinya terkadang terbengkalai tugas kuliahnya, ini negatif. tetapi tidak menutup kemungkinan juga tipe mahasisiwa yang ideal ia mampu menempatkan posisi dirinya untuk tepat waktu dalam mengerjakan tugas perkuliahannya.

untuk menyelesiakan kuliah S1 paling cepat 4 tahun bisa kurang/lebih. dengan waktu yang lumayan dari sejak SD, SMP, SMA + KUliah, sudah barang tentu banyak ilmu-ilmu yang sudah didapatkan, terutama pengalaman hidup. Sekarang tergantung lagi, dengan niat mahasiswa itu sendiri mau fokus kuliah atau fokus kuliah n aktif organsisasi.

FOKUS KULIAH = CEPAT SELESAI + NILAI OKE
FOKUS KULIAH+ORGANISASI = PENGEMBGANGAN DIRI + KULIAH OKE ++++++++.....

SANGGUPKAH ANDA WAHAI MAHASISWA ?????
Diberdayakan oleh Blogger.